HTTP? How it works?

9:49 PM

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/5b/HTTP_logo.svg/2000px-HTTP_logo.svg.png
HyperText Transfer Protocol atau yang biasa disingkat HTTP bukanlah hal yang asing bagi kalian web surver. Namun (mungkin) banyak diantara kalian yang belum mengerti ataupun belum tahu apa itu HTTP dan perbedaannya dengan HTTPS. Dalam post ini akan dijelaskan hal mendetail tentang HTTP, transaksi HTTP dan perbedaan antara HTTP dan HTTPS.

HTTP dan HTTPS

HTTP adalah kependekan dari HyperText Transfer Protokol. Yaitu sebuah sistem komunikasi yang menghubungkan antara server dan kline. Sebuah sistem yang memungkinkan antara server dan klien bisa saling bertukar data atau informasi. HTTP adalah format standar yang umum digunakan dalam mengakses sebuah halaman web.

Server adalah tempat dimana tersimpan sebuah kode web yang akan dipanggil oleh klien sedangkan klien adalah yang akan memanggil kode web yang kemudian akan dimunculkan dalam halaman HTML. Klien tidak lain adalah browser yang anda pakai ketika mengakses sebuah halaman web.
Selain format standar HTTP, ada juga format penulisan yang tidak umum atau jarang digunakan atau bahkan sedikit orang yang mengetahuinya yaitu HTTPS.

HTTPS adalah penggabungan antara Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dengan SSL / TLS protokol. Semua komunikasi yang dilakukan melalui HTTPS akan dienkripsi dengan tujuan untuk keamanan saat terjadi transaksi data di internet.

Biasanya para hacker yang biasa menggunakan tool WireShak sangat mudah untuk mencuri data dari klien yang terhubung ke internet dengan menggunakan HTTP, tapi akan sulit sekali menangkap data yang terhubung dengan menggunakan HTTPS.

Koneksi menggunakan HTTPS lebih aman ketimbang menggunakan HTTP. Maka tak heran banyak took online yang membangun website mereka menggunakan HTTP, dikarnakan untuk menjamin keamaan para pembeli.

TRANSAKSI HTTP
Cara kerja dari HTTP tergolong sederhana. Jika ada permintaan atau yang disebut request, maka server segera mungkin akan mengirimkan tanggapan (response) dari client.

https://www.safaribooksonline.com/library/view/head-first-html/9781449324469/httpatomoreillycomsourceoreillyimages1396545.png.jpg









Bila kita mengklik link hypertext atau kita mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser, maka Anda sedang mentransfer URL ke browser, dan Dari URL ini browser Anda tahu server mana yang akan dihubungi dan file apa yang diminta kemudian  web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server. Web server selanjutnya akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser. Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada kita.

Selama transaksi http, para pemohon atau yang dikenal sebagai klien, meminta file ke server melalui web browser.
Skema normal :
1. Klien terhubung ke host,
2. Server menerima koneksi,
3. Klien permintaan file,
4. Server mengirimkan respon (termasuk file atau tidak).



Daftar pustaka:

Sukmaaji, Anjik, dan Rianto. 2008. Jaringan Komputer. Yogyakarta: Andi Offset.
Anonim. 16 Maret 2016. Pengertian HTTP dan HTTPS. http://lifeblogid.com/2015/04/03/pengertian-http-dan-https/ 
Septian, Randy. 16 Maret 2016. Pengertian HTTP, Sejarah HTTP dan Cara Kerja HTTP. http://www.randyseptian.web.id/pengertian-dan-cara-kerja-http.htm

gambar:  https://www.safaribooksonline.com/library/view/head-first-html/9781449324469/httpatomoreillycomsourceoreillyimages1396545.png.jpg

http://heartheworldbetter.com/wp-content/uploads/2014/03/http-logo-465x309.jpg

You Might Also Like

0 comments