Sinopsis dan Makna Lagu Ipang - Sahabat Kecil

11:44 PM



www.gunadarma.ac.id || studentsite.gunadarma.ac.id
  


"Bersamamu kuhabiskan waktu, Senang bisa mengenal dirimu,
           Rasanya semua begitu sempurna, Sayang untuk mengakhirinya"





Yap, itulah sepenggal lirik dari lagu yang penuh makna, Sahabat Kecil. Lagu ini menjadi Original Soundtrack untuk film Laskar Pelangi, sebuah film karya anak bangsa yang terkenal. Lirik sederhana namun penuh arti, melodi yang mudah diingat, dan dinyanyikan dengan penuh penghayatan, lagu ini mampu merebut hati para penikmat musik tanah air. Sang penyanyi, Ipang, mengaku mendapat inspirasi saat membaca novel Laskar Pelangi, tepat pada bagian kesepuluh anak asli Pulau Belitong sedang bermain dipinggir pantai. Untuk lebih menghayati lagunya, saya berikan lirik lagu ini.

Ipang – Sahabat Kecil
Baru saja berakhir
Hujan di sore ini
Menyisakan keajaiban
Kilauan indahnya pelangi


Tak pernah terlewatkan
Dan tetap mengaguminya
Kesempatan seperti ini
Tak akan bisa dibeli


Bersamamu kuhabiskan waktu
Senang bisa mengenal dirimu
Rasanya semua begitu sempurna
Sayang untuk mengakhirinya



Melawan keterbatasan
Walau sedikit kemungkinan
Tak akan menyerah untuk hadapi
Hingga sedih tak mau datang lagi



Bersamamu kuhabiskan waktu
Senang bisa mengenal dirimu
Rasanya semua begitu sempurna
Sayang untuk mengakhirinya



Janganlah berganti
Janganlah berganti
Janganlah berganti
Tetaplah seperti ini


Janganlah berganti
Janganlah berganti
Tetaplah seperti ini



Tak ada lirik yang rumit. Hanya ada keindahan kata perkata yang mampu didefinisikan dengan baik dalam kalimat yang begitu ringkas. Lagu ini bercerita tentang persahabatan, tentunya, yang di deskripsikan dengan baik pada bait 1 dan 2. 
“Baru saja berakhir, Hujan di sore ini, Menyisakan keajaiban,Kilauan indahnya pelangi. Tak pernah terlewatkan, Dan tetap mengaguminya, Kesempatan seperti ini, Tak akan bisa dibeli."
Makna perjuangan juga disampaikan dengan jelas pada bait ke 4. “Melawan keterbatasan, Walau sedikit kemungkinan, Tak akan menyerah untuk hadapi, Hingga sedih tak mau datang lagi.” Memang, berjuang bersama sahabat merupakan salah satu pengalaman indah yang bahkan kesakitan pun rasanya terbagi 2. Takkan menyerah, untuk menggapai impian, takkan menyerah, untuk hadapi rintangan. Sampai rintangan itu berbuah manis.

“Janganlah berganti, Janganlah berganti, Janganlah berganti
Tetaplah seperti ini”
Bagian diatas yang diulang-ulang, sangat menekankan bahwa tak mau berpisah, tak ingin tergantikan. Dan ingin terus dalam keaadaan persahabatan yang seperti ini. karna dirasa sudah sangat sempurna memiliki sahabt dan kenangan seperti ini.

Bagian ter-favorit saya adalah reff “Bersamamu kuhabiskan waktu, Senang bisa mengenal dirimu, Rasanya semua begitu sempurna, Sayang untuk mengakhirinya.” . Saya akui, saya tersenyum sendiri ketika bagian ini dinyanyikan, Ipang mampu memilihkan kata-kata yang sangat tepat. Bagian ini menceritakan tentang lamanya waktu yang telah dihabiskan bersama sahabat, tak ada katanya menyesal untuk mengenalnya, dan bahkan tak ingin mengakhiri persahabatan ini karna semunya indah. 

Lagu ini mampu membuat kalian menangis, apalagi disaat-saat yang emosional, seperti acara perpisahan, bahkan untuk mengenang masa-masa indah dan duka yang bila diingat, begitu manis untuk dilupakan.

sumber: google.co.id

You Might Also Like

1 comments

  1. wah keren banget yaa.. saya pun sangat suka lagu ini. akan saya putar selalu di tahun 2019 dan tahun selanjutnya..karena setiap lirik ada energinya

    ReplyDelete