Hal yang Membuat Diri Resah dan Cara Mengatasinya

12:00 AM

Gunadarma University ||  Studentsite Gunadarma


  Resah adalah keadaan dimana kemampuan hati merasakan banyak hal dan bisa terprogram pada otak kanan, namun otak kiri belum bisa mendeskripsikan dan mencari/menemukan solusinya secara rasional dan tepat pada waktu dan tempat dan konsisi yang proposional. Umumnya hal ini dialami oleh wanita, karena wanita memang lebih peka dan lebih sensitif. Kosndi seperti ini muncul berhubungan dengan masalah karir, relasional antar personal maupun pasangan, dan juga beban hidup.

     Representasi nyata dari resah terkadang saya rasakan. Salah satunya adalah ketika membayangkan hal-hal buruk yang mungkin terjadi kepada saya. Dalam ini keresahan dapat berkembang menjadi rasa kekhawatiran yang berlebihan yang akan memburuk bila didiamkan. Mungkin akan terjadi berkurangnya ketelitian dalam pengambilan keputusan. Terbukti, bila resah mungkin saja bibit dari masalah-masalah yang makin besar dan komplek.

Terdapat beberapa solusi dan cara mengatasi terhadap maslah ini, yaitu:
  1. Sebisa mungkin selalu berfikiran positf, karna apa yang dikhawatirkan dan diresahkan belum tentu semuanya sesuai apa yang telah dipikirkan.
  2.  Berusaha untuk realistis dalam menampilkan sikap, tindakan respon sesuai isi perasaan. 
  3. Mau mengoreksi diri dengan penuh kesadaran. Jika hal ini dilakukan, akan mudah menemukan solusi dari kegelisahan maupun keresahan yang ada.
  4. Mendekatkan diri terhadap Tuhan.hal ini merupakan salah satu yang manjur, dan dapat membuat hati lebih tenang. Dengan mendekatkan diri dan berdoa, tubuh akan lebih calm down dan tidak lagi muncul perasaan resah. 

You Might Also Like

0 comments