Tanggung Jawab Terhadap Negara dan Feedbacknya

10:12 PM

Studentsite Gunadarma || Gunadarma University

Pengibaran Bendera Merah Putih 2013



A. KEWAJIBAN SEBAGAI WARGA NEGARA
Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 pada pasal 30 tertulis bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara”.

Jadi sudah pasti mau tidak mau kita wajib ikut serta dalam membela negara dari segala macam ancaman, gangguan, tantangan dan hambatan baik yang datang dari luar maupun dari dalam. Membela negara tidak hanya dalam kegiatan perang, namu kegiatan yang bersifat kemahasiswaan seperti perlombaan, tournament, olimpiade, atau:
      1.      Ikut serta dalam mengamankan lingkungan sekitar (seperti siskamling)
      2.      Ikut serta membantu korban bencana di dalam negeri
      3.      Belajar dengan tekun mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan atau PKn
      4.      Mengikuti kegiatan ekstraklurikuler seperti Paskibra, PMR dan Pramuka.

Dari sebagian kecil contoh diatas, cara saya dalam ikut serta dalam membela negara dan mengikuti kewajiban warga negara adalah mengikuti kegiatan organisasi masyarakat, Paskibraka. Saya bertugas di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus 2013. Cara saya dalam ikut kewajiban sebagai warga negara terbilang cukup umum. Dalam kepelatihan saya, saya diajarkan berbagai macam sejarah, kepelatihan bersifat pendidikan. Mungkin bisa saya jelaskan sedikit tentang cara saya dalam ikut melaksanakan kepelatihan ini. saya diseleksi dari 117an sekolah yang ada di wilayah DKI Jakarta, dalam jumlah itu, hanya ada 1 pasang (putra-putri) yang mewakili DKI Jakarta untuk bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih, namu lebih tepatnya duplikat Bendera Merah Putih(asli). Singkat cerita , saya dilatih dan diasramakan selama 40 hari dan dilatih oleh para pelatih Paskibraka yang berasal dari TNI-Polri. Asrama saya beradi di PP-Pon yang ada dicibubur. Saya bertugas pada pagi hari, yaitu Pengibaran Bendera Merah Putih, dan berada pada posisi Pasukan Inti, atau Pasukan 8. Pasangan saya, Rifqi Widhianto berasal dari SMAN 55 Jakarta. Dia bertugas sebagai Komandan 17 Penurunan Bendera Merah Putih.

B. FEEDBACK SETELAH MELAKSANAKAN KEWAJIBAN SBG WARGA NEGARA

Apa yang saya dapatkan setelah ikut melaksanakan kewajiban sebagai warga negara?

     Sangat banyak feedback yang saya dapatkan setelah melaksanakan salah satu kewajiban saya sbg warga negara, salah satunya banyaknya kunjungan ke berbagai tempat Lembaga Pemerintah di Indonesia dan Luar Negeri. Untuk Indonesia
           1.      Melihat Bendera Asli jahitan ibu Fatmawati.
           2.      Berkunjung ke MPR-DPR, Menpora, Mahkamah Konstitusi, Balaikota dan banyak lainnya.
Untuk luar negeri:
           1.      Kedubes Indonesia untuk RRC di Beijing.
           2.           Tembok Besar Cina, Tiananmein Square, dan banyak lainnya.
Banyaknya ilmu yang saya dapat selama kepelatihan yang sangat  berguna dalam implementasi kehidupan sehari-hari. Berikut dokumentasi selama menjadi PASKIBRAKA dan PURNA PASKBRAKA.


Beijing 2013.
Istana Negara 2013.


 

sumber: https://muhammadfathan.wordpress.com/2011/03/13/hak-dan-kewajiban/
google.co.id

You Might Also Like

0 comments