Digital Cinema - Teknologi Digital Cinema

12:52 AM

Bonsoir! Gimana nih, udah dibaca post sebelumnya tentang perkembangan Digital Cinema? kalau belum, yuk dibaca dulu post sebelumnya, ada disini nih.

 

Udah siap materi selanjutnya? Yuk kita lanjutin ke Teknologi Digital Cinema. Sebelumnya udah pada tau kan sejarah-sejarahnya? Mulai dari pertama rilis sampai sekarang, jumlah layar digital cinema itu sudah di kisaran angka puluhan ribu! Gak sedikit ya. Mungkin, angka puluhan ribu itu dibarengi oleh antusiasme masyarakat akan teknologi ini. 


Disini, akan di gali lagi apa-apa saja tentang Teknologi Digital Cinema. Untuk kalian yang kepo, yuk di simak!


Pada Digital Cinema, ada beberapa jenis teknologi yang biasa dipakai, yaitu CGI, Blue Screen dan Animatronic. Kita bahas satu-satu ya.


- CGI (Computer Generated Imaginary)
Teknologi CGI


Ialah penerapan bidang komputer grafis, atau lebih khusus, grafis 3D komputer untuk efek khusus dalam film, program televisi, commercials, simulators dan simulasi umumnya, dan media cetak. Video game biasanya menggunakan real-time komputer grafis (jarang disebut sebagai CGI), tetapi juga termasuk pra-diberikan “memotong adegan” dan intro film yang dimana itu akan menjadi cirri khas aplikasi CGI. Ini kadang-kadang disebut sebagai FMV (Full motion video).

CGI digunakan untuk efek visual komputer karena efek yang dihasilkan akan lebih terkontrol dibandingkan lainnya berdasarkan proses fisik, seperti membangun miniatures untuk efek gambar atau mempekerjakan tambahan untuk adegan keramaian, dan karena itu memungkinkan penciptaan gambar yang tidak layak menggunakan teknologi lain. Hal ini dapat juga mengizinkan seorang seniman atau produser untuk menghasilkan konten tanpa menggunakan aktor, pelayanan yang mahal.

Contoh hasil teknologi: The Lord of the Rings: the Two Tower dan Toy Story.



- Blue Screen 
Teknologi Blue Screen


Cara kerja film dengan menggunakan efek blue screen ini yaitu adegan dilakukan di studio yang dinding dan lantainya terselimuti tirai biru.Warna biru pada tirai dikunci sehingga menjadi area transparan yang dibuat gambar akan diisi latar belakang video shootg hasil di tempat lain. Jika dilihat sepintas, teknologi ini sama seperti green screen.

Contoh hasil teknologi : Superman dan film-film (rata-rata) bertemakan Science-Fiction.



- Animatronik
Teknologi Animatronik


Biasanya digunakan untuk pembuatan film – film yang banyak memakai karakter hewan sebagai pemeran utamanya. Ciri khas dari animatronik adalah teknologi ini menggunakan robot,berbau elektronik dan menggunakan semacam boneka mekanis.



Animatronik tidak hanya diguakan pada pembuatan film tetapi juga digunakan di theme park atau bidang lain di dunia entertain.



Keunggulan dari Animatronik yaitu tidak menggunakan simulasi,tetapi menggunakan suatu objek dengan skala 1:1 yang bergerak di depan kamera. Jadi dalam pembuatan film,misal di film Jurassic Park,Hewan – hewan dinosaurus tersebut bisa bergerak zig – zag dan bisa berlari dan melakukan gerakan – gerakan lain karena bantuan semacam boneka yang dibuat dan lebih bisa dibilang berbentuk robot dan digerakkan oleh seorang manusia untuk mentransfer gerakan – gerakannya ke dalam bentuk digital.



Contoh hasil teknologi: Jurassic Park.

Naaah selesai juga penjabaran tentang teknologi yang digunakan dalam Digital Cinema. Selanjutnya, saya akan menjelaskan tentang Digital-Cinema Maker Software. Jangan bosen-bosen, dan stay tuned ya! 



Sumber penulisan dari ini dan itu.

You Might Also Like

0 comments