Tenangnya ASMR

12:32 AM

Let me introduce you, ASMR!


Apasih itu ASMR? Kok gini ya musiknya? Is it a truly music?

Wew, pertanyaan yang akan dibayangkan sekilas oleh  orang-orang. tapi “music” ini cukup menenangkan, bukan? Yap, itulah tujuan utama dari ASMR. Sebelumnya, ASMR itu adalah Autonomous Sensory Meridian Response, atau lebih gampang disebut sebagai Braingams. ASMR adalah sensasi memanifestasikan dirinya sendiri sebagai rasa gemetar halus yang menjalar dari kepala, tulang belakang, sampai tungkai tubuh.

ASMR ini berguna banget buat orang yang amnesia, eh maksudnya insomnia. Berguna pula untuk orang yang sedah gelisah ataupun ga tenang, karna ini bersifat relaksasi. Ada beberapa contoh ASMR yang beredar di internet, contohnya di bagian memasak. Sebenernya aku sendiri pun kenal sama ASMR karna banyak banget cooking channel Korea dan Jepang pakai metode ini. Unfortunately, belum banyak orang dari Indonesia memakai ASMR ini.

Beberapa Cooking channel yang pakai ASMR ini sangat menonjolkan suara-suara khas orang memasak. Mereka gak berkomunikasi, tetapi bahan-bahan itu sendiri yang membuat suara menenangkan. Seperti suara plastik terigu yang dibuka, suara wortel yang sedang dipotong diatas cutting board, maupun suara custard yang sedang di kocok didalam mangkok kaca. Semua suara itu merupakan orgasm tersendiri bagi penyuka masak-memasak.

Kualitas suara dalam video ASMR tidak main-main loh! Suaranya terdengar sangat detail. Bahkan suara kriuk yang dihasilkan saat memotong bawang bombai, sangat jernih. Ini tak lepas dari pemakaian microfone yang canggih teknologinya! Salah satu yang ku tau adalah Peaceful Cuisine memakai microfone RODE Video Mic Pro. Ohya, untuk sensasi 3D, sangat disarankan untuk memakai headphone, maupun headset ya!

Tapiii, ASMR tidak terbatas pada itu saja, ada juga yang bertidak role play, yaitu seseorang dalam video bertindak sebagai si pelaku, dan penonton video sebaga costumernya. Salah satu ASMR yang ku suka adalah ASMR Haircut. Bisa kalian googling sendiri kok contohnya, atau klik ini dan ini.
Beberapa cooking channel yang memakai metode ASMR adalah Emojoi Cuisine dan Peaceful Cuisine. Kedua cooking channel itu adalah pemakai ASMR yang kusuka!

Udah didengerin belum video ASMR-nya? Udah ngerasa tenang? Kalau sudah, terimakasih dan selamat malam! Terimakasih sudah membaca artikel ini.
 


You Might Also Like

9 comments

  1. Salam~! ^^

    waaaa gak nyangka ketemu orang Indonesia yang juga sesama penikmat ASMR. ^o^
    iya yah, di Indonesia jarang banget yang memakai/membuat relaksasi ASMR gini, mungkin karena peralatan audio n microphone nya juga harus yg khusus biar kualitas relaksasinya bagus, aku nyoba2 ngesearch perekam suaranya, kayaknya kalo mau belipun harus impor... LOL ^^;;
    someday, kalo aku bisa punya perangkatnya aku juga kepengen deh bisa bikin video ASMR... hehehe

    aku juga nge-subscribe Peaceful Cuisine, gak cuma video ASMR aja, vlog travelling nya jg bagus2 bgt, kayaknya dia semacam vegetarian yah, resep2 masakannya kebanyakan makanan vegetarian semua. LOL

    channel ASMR yang kusuka itu Albinwhisperland. ^_^
    coba dicek deh~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai salam kenal!
      woow sama-sama subscriber dari Peaceful Cuisine jugaa
      iyaaa betul sepertinya dia vegan. aah terimakasih suggestionnya :D

      Delete
    2. Aku lebih suka denger suara rintik hujan, hujan yg deras ditambah guntur, suara angin dimusim gugur, natural sound seperti Rain Forest hujan ditengah hutan atau suara alam seperti Air Terjun dan aliran Air dibebatuan. Maaf kok ngerasa aneh dgn kebiasaan ASMR ini.. layaknya kedapur saat tengah malam saat semua or tidur dan suara sekecil apapun jd terdengar lebih jelas.

      Delete
  2. aku juga suka dengerin ASMR gini.. awalnya dari video masak youtuber korea, enak bgt dengernya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha yes bener! rata2 youtuber korea konsep videonya keren hanya untuk demo masak.

      Delete
  3. tpi bnya video makan blgnya asmr trus bunyi nya ngeselin banget, bkannya ngurangin gelisah malah nambah wkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa untuk orang yang kurang suka bunyi kunyahan makanan atau yg lain, malah bikin kesel ya? hahaha

      Delete
  4. Aku dengerin asmr yg org lagi masak atau makan malah laper yg ada, bukan relax😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! malah biar aku ngga kelaperan, aku malah ikut makan bareng mereka.... alias MUKBANG! hehe

      Delete