Augmented Reality (AR)

11:10 PM

Ini dia si saudara kembar dari VR!! yaitu AR! atau kepanjangannya Augmented Reality.
Kayak gimana sih AR? Terus apa bedanyaa? 
Yuk monggo di cek dulu videonya kakaaak.



Augmented reality (AR) adalah live view langsung atau tidak langsung dari fisik, lingkungan dunia nyata yang unsur-unsurnya ditambah (atau dilengkapi) oleh masukan sensorik yang dihasilkan komputer seperti suara, video, grafik atau data GPS. Hal ini terkait dengan konsep yang lebih umum disebut realitas dimediasi, di mana pandangan realitas dimodifikasi (bahkan mungkin berkurang daripada ditambah) oleh komputer. Akibatnya, fungsi teknologi dengan meningkatkan persepsi seseorang saat realitas. Sebaliknya, virtual reality menggantikan dunia nyata dengan satu simulasi. Augmentation adalah konvensional secara real-time dan dalam konteks semantik dengan unsur-unsur lingkungan, seperti skor olahraga di TV selama pertandingan. Dengan bantuan teknologi canggih AR (misalnya menambahkan visi komputer dan pengenalan obyek) informasi tentang seputar dunia nyata dari pengguna menjadi interaktif digital dan dimanipulasi. Informasi buatan tentang lingkungan dan benda-benda yang dapat dilakukan overlay pada dunia nyata.



http://www.augmentedrealitytrends.com/wp-content/uploads/2014/09/Desk-Less-Work-Environment.jpg

Naah itu penjelasan rinci apa itu AR, tapi masih pada kepo kan gimana sih cara kerja AR sesungguhnya? 
Kunci untuk augmented reality adalah perangkat lunak. Program augmented reality yang ditulis dalam 3D augmented reality program khusus seperti D'Fusion, Unifye Viewer atau FLARToolKit. Program-program ini memungkinkan pengembang untuk mengikat animasi atau informasi digital kontekstual dalam program komputer untuk sebuah augmented reality "penanda" di dunia nyata.Pengguna akhir harus men-download aplikasi perangkat lunak (aplikasi) atau browser plug-in untuk mengalami augmented reality. Sebagian besar aplikasi AR yang dibangun di Flash atau Shockwave dan membutuhkan program webcam untuk menyampaikan informasi dalam penanda ke komputer. Penanda, yang kadang-kadang disebut target, mungkin barcode atau seri sederhana dari bentuk geometris. Ketika komputer aplikasi AR atau browser plug-in menerima informasi digital yang terkandung dalam penanda, ia mulai mengeksekusi kode untuk program realitas ditambah.

Aplikasi AR untuk smartphone termasuk global positioning system (GPS) untuk menentukan lokasi pengguna dan kompas untuk mendeteksi orientasi perangkat. Program AR canggih yang digunakan oleh militer untuk pelatihan mungkin termasuk visi mesin, pengenalan obyek dan teknologi pengenalan gesture. 

Masih kepo sama cara kerja dari AR? nih liat gambar yaaa.
http://www.intechopen.com/source/html/40121/media/image4.jpeg 

You Might Also Like

0 comments