Penjelasan Game Theory

9:50 PM

https://static-ssl.businessinsider.com/image/546bc7a86da811e90d7051d7-1200-858/carlsen%20anand%20game%208%20otb.jpeg
Hai! Sekarang saya akan membahas tentang Game Theory. Apasih itu game theory?

Game theory adalah bagian dari ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pembuatan keputusan pada saat dua pihak atau lebih berada dalam kondisi persaingan atau konflik. Pihak-pihak yang bersaing ini diasumsikan bersifat rasional dan cerdas, artinya masing-masing pihak akan melakukan strategi tindakan yang rasional untuk memenangkan persaingan itu, dan masing-masing pihak juga mengetahui strategi pihak lawannya. Selanjutnya pihak-pihak ini disebut sebagai pemain.

Game theory ini dibagi atas 2 jenis. Yaitu Mixed Strategy dan Pure Strategy.
Nah, dalam game theory ini banyaakkk elemen-elemen pendukungnya maupun faktor-faktornya, seperti banyaknya jumlah pemain, banyaknya strategi yang dihasilkan, dan juga jumlah keuntungan dan kerugian yang ada.

Untuk memperjelas dari penjelasan diatas, saya akan memberikan contoh sebagai berikut:
Jika banyaknya pemain ada dua pihak (baik individu maupun kelompok), maka permainannya disebut sebagai permainan dua orang. Jika banyaknya pemain adalah N pihak (N lebih dari sama dengan 3), permainannya disebut permainan N orang.

Jika jumlah kerugian dan keuntungan dari permainannya adalah nol, disebut sebagai permainan berjumlah nol atau permainan berjumlah konstan. Sebaliknya disebut sebagai permainan berjumlah bukan nol.

Contoh dari permainan dua orang dengan jumlah nol adalah pada permainan catur. Pada permainan tersebut jkedua pemain setuju bahwa yang kalah harus membayar sebanyak Rp. 1.000 kepada yang menang. Contoh dari permainan N orang adalah situasi ketika sejumlah perusahaan melakukan kampanye advertensi yang intensif untuk mendapatkan daerah pemasaran yang lebih besar. Kasus ini merupakan permainan berjumlah bukan nol karena ukuran total pasar ini biasanya meningkat sebagai akibat dari advertensi yang intensif. Demikian pula jumlah kerugiab dan keuntungannya akan positif.


You Might Also Like

0 comments